Jumat, 28 Januari 2011

Pilihan Noken As Aftermarket Skutik Suzuki, Kalau Jarang, Ya Custom!

OTOMOTIFNET - Demi meningkatkan performa besutan, termasuk pada skutik Suzuki, tak jarang skutiker yang pasang berbagai macam part racing pada besutannya agar makin ngacir. Salah satu part yang banyak diburu dan diaplikasi; noken as (NA) racing.

Padahal, pemasangan peranti ini juga tak bisa sembarangan. Selain memang ada spesifikasi sendiri, juga ada aturannya. “Umumnya sih, manfaat noken as baru terasa banget buat motor yang udah dioprek,” kata Benny Rachmawan, R&D Mitra2000 di Jl. Lodan, Jakut. 


Kalo tak tersedia, bisa custom dari standar

Gbr 1

Gbr 2
Maklum, NA diandalkan untuk membantu bukaan klep jadi lebih tinggi dari standarnya. Sehingga pasokan bahan bakar ke ruang bakar juga lebih maksimal. “Intinya sih, aplikasi NA mengikuti kebutuhan mesin!” lanjut pria ramah ini.

Tapi, meski dapur pacu udah dikorek, adopsi NA juga gak asal templok. Utamanya seperti dibilang Benny, buat motor standar korek bisa pakai NA racing durasi 260º, bore-up harian maupun balap, bisa pakai yang berdurasi 280º atau lebih besar.

Nah, biasanya, desain NA racing pinggangnya diubah lebih ramping/tebal (gbr.1) sesuai kebutuhan. Sedang tonjolan dibikin lebih tinggi (gbr.2) dibanding NA orisinal. Kalau durasinya makin besar, biasa dipakai untuk motor bore-up yang sudah ganti klep lebar,” ujar Jessy ‘Cokky’ Liga Siswanto, penggawang JP Racing.

Gimana pilihan NA racing aftermarket buat skutik Suzuki? “Sementara ini emang tak terlalu banyak. Hanya ada beberapa pilihan. Maklum, penggemar motor ini tak sebanyak Mio, Vario atau BeAT,” aku pria yang akrab disapa Cokky ini.

Dari hasil survei kami, di pasaran ada merek; Kawahara K1, LHK (Step 1 dan 2) dan Hi-Speed. Tapi tak usah resah. Bagi pemilik skutik Suzuki yang pengin NA racing tentu bisa bikin atau order khusus alias custom memanfaatkan NA standar.

Hal itu banyak dilakukan para pebengkel. “Termasuk saya. Selain bisa atur sendiri ukuran/durasi yang dimauin, ongkos bikinya lebih murah dibanding beli jadi,” beber Aldhie, juragan Bike Rider Shop (BRS) di daerah Kapin, Kalimalang, Jaktim.

Atau, jika ingin NA custom yang sudah jadi karya BRS, bisa juga, kok. “Oh ya, buat yang mau bikin sesuai ukuran sendiri, konsumen tinggal bawa NA orisinal bawaan motor dan dana Rp 250 ribu untuk ongkos kerjanya. Tunggu 2 hari, NA pesanan sudah jadi dan siap dipasang,” tawar Aldhie.
Tabel harga noken as
Noken As Spesifikasi Harga
Kawahara K-1 (021-70993827) Durasi 260o 450 ribu
Hi-Speed (0856-92186666) Durasi 330o 600 ribu
Custom BRS (0816-1350816) Durasi 280o 600 ribu
LHK Step 1 Durasi - 500 ribu
LHK Step 2 Durasi -
800 ribu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar